Kenalkan Sejarah Pondok Pada Santri Baru

SULANG, ANCANGBACA.COM – Pondok Pesantren Alhamdulillah Kemadu, Sulang, Rembang, melaksanakan Masa Ta’aruf Santri Baru (Matasaba) Senin (11/7). Acara diselenggarakan di Aula Pondok Pesantren Alhamdulillah.

Kegiatan seperti ini telah berlangsung sejak 2021 lalu. Rencananya, acara ini akan terus dilakukan pada tahun-tahun mendatang. Sebab, hal ini dianggap penting bagi para santri-santri baru yang akan belajar d pondok pesantren,
Kegiatan ini merupakan hari pertama dari total empat hari.

Acara pengenalan lingkungan pondok itu rencananya akan digelar hingga Kamis (14/7) mendatang. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan Asal mula berdirinya pondok pesantren Alhamdulillah kemadu

“Bagi siswa yang mondok di pesantren maupun yang hanya sekolah di Smk Annuroniyah saja wajib mengikuti Matasaba ini. Bagi siswa yang hanya sekolah saja wajib tinggal di pondok pesantren walaupun hanya beberapa hari,” tegas Rohmawati Syahid, pengasuh Ponpes Alhamdulillah Kemadu itu.

Dalam acara Matasaba ini ada beberapa kegiatan di pondok pesantren. Kegiatan dimulai pada pukul 12.00 hingga pukul 22.00. Kegiatan dimulai dengan sholat dhuhur berjamaah di masjid.

Kemudian dilanjutkan dengan membaca Al-qur’an. Dan setelahnya yakni sholat asar berjamaah.
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan praktek wudhu serta Hafalan Do’a-do’a. Peserta kemudian melanjutkannya dengan jamaah sholat magrib yang diteruskan dengan jamaah sholad isya.

Tak lupa, santri baru juga dikenalkan dengan wiridan Aurod kemadu. Kegiatan diakhiri dengan mengaji kitab kuning. Padatnya kegiatan itu bertujuan untuk memperkenalkan kegiatan keseharian yang akan dijalankan oleh para siswa baru. (Hakim/Chanief)

About Post Author

Baca   PP Alhamdulillah Sulang Melaksanakan Haul Kiai Syahid Sholihun ke-17

Leave a Reply

Your email address will not be published.