Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gandeng BSPTH Bagikan 150 Bibit Pohon

ancangbaca.com – Mahasiswa KKN UIN Walisongo kelompok 35 menutup kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (KKN MIT DR) ke- 11 dengan membagikan 150 bibit tanaman di wilayah RW 1 Kelurahan Cepoko Gunungpati pada Kamis (18/02/2021). Terdapat tiga jenis bibit yang didistribusikan yakni bibit jambu, ketapang, dan pucuk merah. Seluruhnya disalurkan kepada tujuh RT yang masuk dalam wilayah RW 1 kelurahan cepoko.

“Agenda ini selain simbolis pamitnya peserta KKN, juga sebagai tindak lanjut dari pelatihan di BSPTH tempo lalu” kata Muhammad hanif, koordinator kelompok 35.

Hanif menuturkan jika sebelumnya, pihaknya bersama karangtaruna melaksanakan pelatihan pembibitan dan penyemaian tanaman dengan Balai Sertifikasi Pembenihan Tanaman Hutan (BSPTH). Pelatihan tersebut sebagai upaya awal penanganan kerusakan puluhan bibit jambu di kelurahan cepoko akibat perubahan cuaca ekstrim. “bibit yang telah disalurkan nantinya bisa dikerjakan teman teman karangtaruna untuk bantu petani sini” sambungnya.

Aksi pembagian bibit yang hari ini dilakukan sekaligus bentuk solidaritas mahasiswa KKN terhadap menurunnya hasil perkebunan masyarakat. “Jambu Kristal ini kan salah satu produk unggulan cepoko, jadi kalau ada kerusakan di kebun ya akan berdampak sekali bagi masyarakat sini” ucap lurah Cepoko, Yudhik Relawanti.

Dirinya mengapresiasi langkah mahasiswa KKN yang dinilai tanggap dan memiliki kepekaan sosial di masyarakat. Kegiatan ini diakhiri dengan penanaman bibit jambu oleh lurah cempoko secara simbolik.

Rep : Citra

Red : Waliyudin

About Post Author

Baca   Iman Fadhilah : Kaum Muda Harus Bisa Menginternalisasi Nilai Pancasila

Leave a Reply

Your email address will not be published.