Iman Fadhilah : Kaum Muda Harus Bisa Menginternalisasi Nilai Pancasila

ancangbaca.com-Menjawab permasalahan yang hadir ditengah pengarustamaan khilafah yang saat ini sedang digaungkan oleh kelompok-kelompok tertentu, pancasila seharusnya diinternalisasikan ke dalam nilai agama.

Hal ini disampaikan oleh Dr. Iman Fadhilah ditengah diskusi Pra Kelas Pemikiran Prof. Qodri Aziziy secara daring yang diselenggarakan komunitas Ancang Baca dengan tema “Pancasila Sebagai Akar Nasionalisme Indonesia” pada Jum’at (12/2/2021).

“Kaum muda seharusnya bisa meinternalisasi pancasila dalam kontek kekinian, setidaknya internalisasi pancasila ke dalam nilai-nilai agama kita”, ujarnya.

Beliau selanjutnya menceritakan bagaimana perjuangan para pada saat itu yang menjadikan pancasila final sebagai dasar negara Indonesia.

Menurutnya, bisa saja negara Indonesia dijadikan negara dalam asas ke Islam an. Namun para pendahulu yang berjuang, salah satunya para ulama’ seperti KH. Wahab Hasbullah K. Agus Salim pada saat itu memahami bahwa negara ini dibentuk dari berbagai entitas keagamaan dan budaya yang beragam.

“Asas pancasila salah satunya ya nasionalisme yang menjadi persatuan negeri ini”, paparnya.

Terakhir beliau memberikan statment bahwa agama itu pemersatu, jadi pancasila itu menyatukan bukan menjauhkan, membimbing bukan menghardik, mangajak bukan menginjak yang mana pancasila memberikan ajaran nilai-nilai keberagaman yang luar biasa.

Editor : Waliyudin

Baca   Patuhi Protokol Kesehatan Ketat, Haul Kiai Alhamdulillah Sukses Digelar

Leave a Reply

Your email address will not be published.